Jaga Budaya

Menlu Sebut Jalan di Depan KBRI Ankara Diberi Nama Soekarno

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Nama Presiden Pertama Indonesia, Soekarno, kembali digunakan sebagai nama sebuah jalan di luar negeri. Kali ini, pemerintah Turki akan menggunakan nama Sang Proklamator RI itu sebagai nama jalan di depan kantor Kedutaan Besar RI atau KBRI Ankara.

“Pemerintah Turki telah menganugerahkan nama jalan di depan kantor KBRI Ankara yang baru dengan nama Jalan Ahmed Soekarno,” kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers, Selasa malam, 12 Oktober 2021, dikutip dari Tempo.co, Rabu (13/10/2021).

Selain Turki, sejumlah negara juga mengabadikan nama Soekarno sebagai nama sebuah jalan. Salah satunya Maroko. Negara di Afrika Utara itu memberikan nama Rue Seokarno atau Avenue Soekarno.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto: Liputan6)

Pada 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah singgah di jalan yang berada di Kota Rabat tersebut. Anies berfoto di dekat plang nama Rue Soekarno yang terpasang di tengah jalan dua jalur.

Mesir juga mennggunakan nama Soekarno sebagai nama jalan yang diberi nama Ahmed Soekarno Street. Jalan tersebut terletak di ibu kota Mesir, Kairo. 

Comment here