Sport

Misi Shin Tae-yong Berburu Pemain dengan Mental dan Fisik Kuat untuk Timnas U-18 Indonesia

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Kriteria tinggi ditetapkan Shin Tae-yong dalam pemilihan pemain Timnas U-18 Indonesia yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023. Sebanyak 36 pemain telah mengikuti seleksi dan pemusatan latihan (TC) tahap ketiga Timnas U-18 Indonesia dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 2023.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (14/9/2021), mereka menjalani gelar latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat, Senin (13/9/2021). Jumlah peserta seleksi tahap ketiga ini masih sama dengan dua tahap sebelumnya, yakni 36 pemain.

Adapun seleksi tahap pertama Timnas U-18 Indonesia diadakan pada 29 Agustus hingga 3 September 2021, sedangkan tahap kedua digelar pada 6-10 September 2021. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sengaja menggelar seleksi secara bertahap demi mencari pemain terbaik untuk memperkuat Timnas U-18 Indonesia.

Shin Tae-yong. (Foto: suara.com)

Oleh karenanya dari ketiga tahap itu, Shin Tae-yong pun memberikan program seleksi yang sama. Tes fisik masih menjadi fokus utama pelatih asal Korea Selatan itu. Mantan pelatih Timnas Korsel di Piala Dunia 2018 itu memang sejak awal menekankan bahwa ia mencari pemain dengan fisik yang bagus.

Oleh karena itu, untuk melihat kemampuan para pemain muda ini, ia membuat tiga agenda game internal. Tiga game internal itu bakal digelar selama training center (TC) atau pemusatan latihan berlansung hingga 18 September 2021 mendatang.

Shin Tae-yong mengatakan bahwa semua tahap seleksi digelar dengan sistem sama karena ia memang fokus untuk melihat kemampuan para pemain. “Semua tahap sama, standar seleksi, saya memberikan kesempatan kepada pemain-pemain ini,” ujar Shin Tae-yong.

“Saya juga akan melihat kemampuan sebenarnya mereka pada pertandingan internal besok (hari ini),” ucapnya.

“Nanti akan ada tiga laga, saya ingin tahu dan melihat kemampuan pemain,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia berpesan agar para pemain yang mengikuti TC kali ini bisa menampilkan permainan yang terbaik dan semaksimal mungkin. Sebab, Shin berharap bisa mendapatkan pemain berkualitas agar bisa memenuhi kebutuhan tim dalam menghadapi Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Apalagi, ini menjadi laga pertama Timnas Indonesia di ajang internasional. Oleh karena itu, Shin Tae-yong tentu ingin menampilkan para pemain muda terbaik Tanah Air. “Pertama, mereka tidak boleh gampang menyerah, akan dilihat kemauan tinggi mereka seperti apa, karena kami akan mempersiapkan tim untuk bermain di Piala Dunia,” kata Shin.

“Ini bukan liga, jadi harus kuat mental juga, postur tubuh juga, harus menjaga nutrisi dan makan banyak karena itu bisa menguatkan pemain, baru nanti kita bisa mendapatkan hasil yang baik untuk Piala Dunia mendatang,” lanjutnya.

Sementara itu, TC Timnas U-18 tahap tiga ini diikuti oleh beberapa pemain yang tidak asing lagi. Dalam TC timnas U-18 Indonesia ini, ada nama-nama pemain yang sebelumnya memperkuat timnas U-16 Indonesia seperti Ferre Murrari, Adre Arido, Muhammad Faiz, dan Hokky Caraka.

Comment here