Sport

PBSI: Peluang Indonesia Juara di Sudirman Cup Cukup Besar

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Kepala Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI Rionny Mainaky menyebut peluang Indonesia juara di Sudirman Cup 2021 cukup besar.
Di Piala Sudirman kali ini, China dan Taiwan dipastikan tampil tanpa kekuatan penuh. Sebelum menghadapi China atau negara kuat bulutangkis lainnya, Indonesia harus lebih dulu mampu lolos dari Grup C.

Indonesia tergabung di Grup C Piala Sudirman 2021 bersama dengan Denmark, Rusia dan Kanada. Rionny menyebut konsentrasi penuh saat ini tertuju untuk bisa mengalahkan Denmark dan lolos sebagai juara grup.

“Peluang lebih besar, tetapi kita tidak boleh anggap remeh. Kami tetap persiapkan pemain semaksimal mungkin. Kami juga menganggap penting, siapa pun lawan kita, harus kita keluarkan permainan terbaik meskipun ini menguntungkan buat kita,” kata Rionny dalam konferensi pers virtual dikutuip dari CNNIndonesia.com, Selasa (14/9/2021).

Kepala Bidang Pembinaan dan Peningkatan Prestasi (Kabid Binpres) PP PBSI Rionny Mainaky. (Foto: Tribunnews)

Menghadapi Denmark, Rionny sudah mengantongi analisis kekuatan dari semua sektor. “Di penyisihan grup, tanpa mengecilkan kemampuan Rusia dan Kanada, lawan terberat adalah Denmark. Dari hitung-hitungan di atas kertas, memang perlu perjuangan dan kerja keras lawan Denmark, tetapi Denmark akan bisa kami atasi untuk bisa jadi juara grup,” ujarnya.

“Tunggal putra kekuatannya 50-50, tunggal putri ada Denmark ada Mia (Blichdfeldt, peringkat 12 dunia), tetapi saya yakin dari wakil kita siap, 40-60. Ganda putra dengan tiga pasangan terkuat dunia harusnya kita bisa. Ganda putri kita ada andalan Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Ganda campuran ini penentuan, siapa yang siap yang bisa menang,” kata Rionny.

Saat ini Rionny menyebut semua pemain yang masuk di Skuad Tim Indonesia untuk Piala Sudirman dalam kondisi yang sangat baik. Rencananya, pekan ini intensitas latihan akan dibuat lebih ketat sebelum keberangkatan pekan depan.

Di Piala Sudirman 2021 yang digelar di Vantaa, Finlandia 26 September sampai 3 Oktober mendatang, Skuad Tim Indonesia diperkuat 20 pemain terbaik yang merupakan gabungan pemain muda dan senior. Empat pemain muda yang dibawa Rionny yakni Putri Kusuma Wardani (tunggal putri), Ester Nurumi Tri Wardoyo (tunggal putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

Selain itu, ada juga nama-nama pemain unggulan seperti Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rustavito di tunggal putra serta Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri. Di ganda putra, Tiga pasangan terbaik turut dibawa: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Sementara itu di ganda putri ada Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan pasangan muda Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Serta Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di ganda campuran.

Di edisi terakhir Sudirman Cup pada 2019 lalu, langkah Indonesia terhenti di babak semifinal. Indonesia kalah dengan skor 1-3 dari Jepang. Gelar juara akhirnya direbut oleh China yang menaklukkan Jepang dengan skor 3-0 di babak final.

Comment here