Ekonomi

Pemerintah Akan Gelontorkan Bantuan Rp 1,2 Juta per Orang ke 1 Juta PKL

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Pemerintah akan menggelontorkan bantuan senilai Rp 1,2 juta per orang kepada 1 juta Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pengusaha Warung Tegal (Warteg) yang berusaha di daerah dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 dan PPKM level 3.

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan bantuan akan diberikan dalam bentuk tunai. “Bantuan tunai untuk PKL atau pun Warteg ini kepada 1 juta PKL dan pemilik warung yang diberikan dana Rp1,2 juta per orang melalui TNI Polri,” kata Airlangga Hartarto, Senin (6/9/2021), dikutip dari CNNIndonesia.com.

Sayangnya, ia masih enggan menyatakan kapan tepatnya bantuan sosial (bansos) itu akan disalurkan. “Ini akan segera dijalankan, karena seluruh regulasi telah lengkap,” katanya.

Airlangga Hartarto. (Foto: Twitter @airlangga_hrt)

Airlangga menyebut bantuan dikecualikan untuk mereka yang terdaftar sebagai penerima Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau BPUM.

Selain itu, pemerintah juga akan tetap melanjutkan program bantuan lain. Salah satunya, Kartu Prakerja. Ia menyatakan pemerintah sudah menggelontorkan insentif Program Kartu Prakerja kepada 4,3 juta orang hingga tahun ini. Itu kemungkinan masih akan bertambah. Pasalnya, pembukaan pendaftaran peserta hingga kini masih dibuka.

Khusus untuk gelombang ke-19, ia mengatakan bantuan diberikan kepada 800 ribu orang, sementara ada 3,9 juta orang yang mendaftar. “Realisasi insentif salah satunya Kartu Prakerja telah diberikan selama 2021 ke 4,3 juta dan di batch 19 sudah 3,9 juta yang mendaftar dan penerima 800 ribu,” jelas dia.

Pemerintah memperpanjang pelaksanaan PPKM berbasis level di sejumlah daerah Jawa dan Bali mulai 7 sampai 13 September 2021.

Pemerintah melakukan beberapa relaksasi mobilitas masyarakat, seperti menaikkan waktu maksimal dine in di mal dari 30 menit menjadi 60 menit. Juga melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di 20 kota PPKM level 3.

Comment here