Ekonomi

Pemerintah Akan Hapus Tukin Gaji ke-13 dan THR PNS

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Pemerintah pusat akan menghapus tunjangan kinerja (tukin) untuk gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2022.

Dikutip dari kepri.harianhaluan.com, Jumat (10/9/2021), kebijakan itu diambil pemerintah karena tingginya pengeluaran untuk penanganan Covid-19, sehingga membuat APBN dan APBD jebol.

Pemerintah mengalami kesulitan untuk mencarikan sumber dana lainnya selain refocusing anggaran yang sudah dilakukan. “Di dalam RAPBN 2022, kebijakan untuk THR dan gaji ke-13 saat ini sama dengan tahun 2021,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata.

Ilustrasi PNS. (Foto: Good News from Indonesia)

Pemerintah memastikan tunjangan kinerja berupa gaji ke-13 dan juga THR akan dihapus pada tahun 2022. Namun untuk tunjangan reguler akan tetap diterima oleh Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selain tunjangan kinerja, program-program yang tidak prioritas masih akan tetap ditunda di tahun depan, sehingga anggaran bisa difokuskan untuk membantu masyarakat hingga pelaku usaha yang paling terdampak Covid-19.

“Kita masih harus mengantisipasi masalah kesehatan terkait Covid-19. Selama masih ditetapkan sebagai pandemi, pendanaan kegiatan-kegiatan untuk mengatasinya banyak harus disiapkan negara. Begitu juga kebutuhan pendanaan untuk mengatasi permasalahan sosial-ekonomi yang ditimbulkannya,” jelasnya.

Comment here