Kesehatan

Polisi Gandeng Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Usut Dugaan Malpraktik terhadap Nanie Darham

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – “Masih penyelidikan,” kata AKBP Bintoro, Selasa (5/12/2023), seperti dilansir Tempo.co, soal koordinasi polisi dengan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) terkait dugaan malpraktik yang menyebabkan aktris Nanie Darham meninggal dunia.

Makam Nanie Darham yang meninggal pada 21 Oktober 2023. (Foto: Instagram/@indriedarham)

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan itu mengatakan, pihaknya menggandeng MKDKI untuk mengusut perkara tersebut. Dia menjelaskan harus ada rekomendasi dari majelis kedisiplinan profesi jika tenaga medis atau tenaga kesehatan diduga melakukan tindakan pidana. Ketentuan ini diatur dalam Pasal 308 ayat (1) Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan.

Bintoro menyebut lamanya pemeriksaan untuk kasus dugaan malpraktik ini belum bisa ditentukan karena, “Tergantung ahli.”

Sebelumnya, Nanie Darham meninggal dunia setelah menjalani operasi sedot lemak di salah satu klinik di kawasan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (21/10/2023) sore. Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Komisaris Polisi Henrikus Yossi mengatakan, kondisi Nanie dinyatakan tak stabil saat operasi.
Karena itulah, operasi tak bisa dilanjutkan dan Nanie dibawa ke IGD rumah sakit lain di kawasan Barito, Kebayoran Baru, Jaksel. Sayangnya, meski Nanie Darham sudah dirawat, nyawanya tak tertolong.

Comment here