Politik

Prabowo Nyapres 2024, PKB Tetap Dorong Cak Imin

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merespons pernyataan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani perihal kepastian Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden di Pilpres 2024. PKB mau usung pasangan Prabowo dengan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin?

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebut pengurus hingga grassroot (akar rumput) PKB memang menginginkan Cak Imin maju sebagai capres 2024. Daniel meyakini pengurus dan jaringan akar rumput partai lain juga menginginkan pimpinannya yang maju menjadi capres.

“Basis struktur dan akar rumput memang sangat mendorong Cak Imin untuk maju sebagai capres. Saya rasa semua kader partai akan seperti itu, sehingga wajar saja bila Gerindra memajukan kembali Pak Prabowo,” kata Daniel seperti dilansir detik.com, Ahad (10/10/2021).

Muhaimin Iskandar. (Foto: Kompas,com)

Daniel menuturkan hingga saat ini belum bisa dipastikan siapa yang akan mendampingi Cak Imin di Pilpres 2024. PKB sendiri membuka peluang berkoalisi dengan siapa saja.

“Untuk pasangan masih sangat terbuka dan dinamis. Kita welcome kepada semua kekuatan,” ucap Daniel.

“Yang penting saat ini kita perkuat dukungan rakyat. Semua kader PKB di semua tingkatkan diminta semakin memperkuat koalisi dengan rakyat,” imbuhnya.

Daniel menyebut semua kemungkinan masih bisa terjadi. Bahkan, soal kemungkinan pasangan Prabowo dan Cak Imin sebagai capres dan cawapres di 2024.

Sebelumnya, beberapa lembaga telah menyelenggarakan survei simulasi capres-cawapres 2024, yang mana ada nama-nama calon pendamping Prabowo dalam surveinya. Misal survei Indo Barometer, yang menakar beberapa nama untuk dipasangkan dengan Prabowo, di antaranya Puan Maharani dan Budi Gunawan.

Lalu Parameter Politik Indonesia (PPI). PPI mensimulasikan Prabowo dipasangkan dengan 4 nama, yakni Prabowo-Anies Baswedan, Prabowo-Puan Maharani, Prabowo-Ganjar Pranowo, dan Prabowo-Sandiaga Uno.

Comment here