Sport

Presiden FIFA Ingin Lionel Messi Tampil di Piala Dunia 2034 saat Sang Pemain Berusia 47 Tahun, Bisakah?

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – “Saya harap dia (Messi) bisa mencapai Piala Dunia berikutnya, yang setelah itu (2026) dan yang di 2034 juga. Kapan pun dia mau,” ujar Presiden FIFA Gianni Infantino kepada DSports seperti dilansir Tempo.co, Jumat (8/12/2023).

Ya, Gianni Infantino mengungkapkan keinginannya untuk bisa melihat Lionel Messi terus tampil bersama Timnas Argentina di Piala Dunia, bahkan sampai edisi 2034 ketika La Pulga sudah menginjak usia 47 tahun. Bisakah?
Infantino baru saja menghadiri acara eksibisi pertandingan para legenda sepak bola CONMEBOL di kandang Inter Miami, DRV PNK Stadium, Selasa (5/12/2023). Ia menyaksikan aksi bintang sepakbola Amerika Selatan itu sambil didampingi Presiden Federasi Sepak Bola Argentain (AFA) Claudio Fabian Taipa.

Presiden FIFA Gianni Infantino. (Reuters via Tempo.co)

Dalam kesempatan tersebut, Infantino mengatakan keyakinannya bahwa Piala Dunia 2026 yang untuk pertama kalinya diikuti 48 tim dan digelar di tiga negara bakal berjalan sukses. Ia turut membeberkan sedikit perbincangan dengan Claudio Taipa.

“Kami membicarakan pertandingan, tentang Piala Dunia tentu saja,” ucap Infantino. “Semua senang dan setuju soal Piala Dunia 2026 yang akan pertama kali diikuti 48 tim. Ini akan sangat besar dan diadakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada. Ini akan menjadi pesta sepak bola dan saya yakin bakal sukses besar.”

Pertandingan eksibisinya sendiri mempertemukan Tim Tango melawan Tim Samba. Beberapa nama populer, macam Ronaldinho, Javier Zanetti, Carlos Valderrama, hingga Sergio Aguero turut berpartisipasi. Laga akhirnya dimenangkan Tim Tango dengan skor tipis 2-1.

Sebelumnya, Messi menyatakan keinginannya untuk bisa tampil di Piala Dunia 2026. Namun dia mengakui faktor usia bakal menyulitkannya untuk bersaing dalam turnamen tersebut. Saat kejuaraan itu dimulai, peraih gelar Ballon d’Or delapan kali itu itu bakal berusia 39 tahun.

“Karena usia, akan sulit untuk mencapai (Piala Dunia) 2026,” kata Messi kepada media Argentina Diario Ole seperti dikutip Reuters, Jumat, 3 Februari 2023. “Saya suka bermain sepak bola dan selama saya merasa kondisi saya baik dan bisa menikmatinya, saya akan terus melakukannya. Sepertinya masih lama sampai Piala Dunia berikutnya, tetapi itu tergantung pada bagaimana karier saya berjalan.”

Turnamen level internasional terdekat yang bakal dijalani Lionel Messi bersama timnas Argentina adalah Copa America 2024, yang digelar mulai 20 Juni 2024. La Albiceleste tergabung di grup A bersama Peru dan Cile.

Comment here