Ekonomi

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih, Hanya Ada 2 di Dunia

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik industri baja canggih Hot Strip Mill (HSM) 2 milik PT Krakatau Steel di Cilegon, Banten, Selasa (21/9/2021). Presiden Jokowi berharap dengan berdirinya pabrik baja ini, kebutuhan baja dalam negeri dapat terpenuhi dan tidak perlu impor lagi.

“Jadi enggak ada lagi impor-impor yang kita lakukan. Ini yang kita harapkan. Sehingga sekali lagi akan menekan angka impor baja negara kita yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia,” ucap Jokowi dikutip dari Kompas TV, Selasa (21/9/2021).

Pabrik HSM 2 yang baru diresmikan ini dibangun dengan menggunakan teknologi modern dan canggih dari Jerman. Jokowi lalu dengan bangga menyebut bahwa pabrik sejenis hanya ada 2 di dunia, yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Presiden RI Joko Widodo. (Foto: TribunNews)

“Hari ini kita akan saksikan peresmian Hot Strip Mill #2 dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja dan hanya ada dua di dunia, pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia, yaitu di Krakatau Steel,” lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi turut menyampaikan laporan dari Menteri BUMN Erick Thohir yang mengatakan kondisi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam keadaan sehat, setelah sebelumnya mengalami masalah keuangan.

“PT Krakatau Steel juga terus melakukan transformasi dan terus melakukan restrukturisasi. Pak Menteri BUMN tadi menyampaikan Krakatau Steel saat ini sudah semakin sehat, karena memang sebelumnya kurang sehat. Produksinya juga semakin lancar,” tambahnya.

Comment here