Hankam

PT Pindad Indonesia Disorot Media Asing, Tank Boat Pertama di Dunia Berhasil Dibuatnya, Ini Spek Antasena

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – PT Pindad Indonesia menjadi sorotan dunia berkat keberhasilannya membuat Antasena, tank boat pertama di dunia. Keberhasilan PT Pindad Indonesia dalam uji coba tank boat Antasena menjadi sorotan media internasional beberapa waktu lalu.

Dikutip dari ZonaJakarta, Senin (4/10/2021), PT Pindad Indonesia disebut jadi produsen tank boat pertama di dunia, seperti dikutip dari artikel terbitan Asian Defence Journal tanggal 18 Juni 2021.

“Tank boat pertama di Indonesia dan dunia berhasil menjalani serangkaian uji coba laut dan senjata di perairan Jawa Timur, diumumkan pabrikannya, PT Pindad baru-baru ini.”

Tank boat Antasena buatan PT Pindad Indonesia curi perhatian dunia. (Foto: Pikiran-rakyat)

Di bawah program Pengadaan Sistem Pertahanan Senjata Utama (Alutsista) Indonesia, konsorsium yang terdiri dari PT Lundin (North Sea Boats), PT Pindad, PT LEN, dan PT Hariff Daya Tunggal Engineering, dengan John Cockerill sebagai pemasok turret, tank boat dikembangkan bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam melakukan patroli di sepanjang laut, sungai, dan pantai Indonesia, mengambil operasi yang terkait dengan penjaga pantai. Program ini juga didukung oleh Kementerian Pertahanan Indonesia,” tulis Asian Defence Journal dalam artikelnya.

Prototipe kapal tanker Antasena dirancang sebagai kapal jenis katamaran sepanjang 18 m, diluncurkan pada 28 April 2021.

Armada ini dilengkapi dengan menara jarak jauh Cockerill 3030 yang memasang meriam otomatis 30 mm Northrop Grumman Mk44. Itu juga dipersenjatai dengan dua senapan mesin berat 12,7 mm yang dipasang di stasiun senjata jarak jauh terpisah yang terletak di berbagai bagian kapal.

Beberapa negara telah menunjukkan minat pada sistem tersebut termasuk Rusia, yang menurut duta besar Rusia untuk Indonesia telah memesan. Lainnya adalah India, Yunani, UEA dan Filipina, lanjut Asian Defence Journal.

Memang tak banyak yang tahu, Indonesia berhasil membangun alutsista buatan anak bangsa, yakni tank boat Antasena.

Tank boat Antasena diharapkan dapat mendukung TNI dalam melakukan operasi rawa, laut, sungai dan pantai (Ralasuntai) serta tugas penjagaan laut dan pantai di Indonesia.

Tank boat Antasena adalah alutsista berjenis Catamaran dengan material komposit vinileste. Tank boat Antasena memiliki panjang 18.7 meter dan lebar 7,5 meter. Tank boat Antasena memiliki dua mesin utama baling-baing masing-masing 1.200 daya kuda dan memiliki dua mesin waterjet MJP450.

Tank boat Antasena dilengkapai persenjataan berupa senapan RCWS kanon kaliber 30 mm, dan dua senapan mesin kaliber 12,7 mm. Sistem kapal dan navigasi tank boat Antasena terdiri dari 2 stasiun WECDIS, 1 stasiun radar, 1 stasiun Conning, 2 GPS dan AIS serta memiliki stasiun cuaca, kompas dan navigasi Autopilot terintegrasi ke waterjet, mesin, SEFRAN, kamera CMI dam Lemur RWS.

Nama Antasena pertama kali disematkan oleh mantan wakil Presiden Jusuf Kalla pada tahun 2015 lalu. Antasena sendiri merupakan nama tokoh dunia pewayangan putra ksatria Pandawa, Werkudara (Bima) dengan Dewi Urangayu. Antasena berarti memiliki sifat pemberani, sakti dan kebal senjata.

Tank boat Antasena memiliki daya angkut 60 prsonel tentara dan 5 kru. Mampu mencapai kecepatan 40 knot (74 km per jam), dengan daya jelajah 600 nautical mile. Tank boat Antasena memiliki wilayah operasi di perairan dangkal hingga laut dalam.

Nantinya tank boat Antasena digunakan sebagai armada perang untuk memberi bantuan pertempuran jarak dekat atau jarak jauh di perairan.

Badan kapal Tank Boat Antasena terbuat dari karbon komposit, memiliki kekuatan 10 kali lebih kuat dari baja. Meski begitu, karena bobotnya yang ringan, kendaraan ini bisa bergerak cepat dan mampu menghancurkan musuh dari jarak 5 kilometer.

Comment here