Jaga Budaya

Rano Karno Cek Penerima Beasiswa Program Indonesia Pintar Bernama Puan Maharani

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno mengunjungi seorang pelajar SD Negeri Cipondoh 1 Tangerang, Banten, penerima beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) yang memiliki kesamaan nama dengan Ketua DPR RI Puan Maharani. Rano Karno mengaku terkejut ketika ada pelajar bernama Puan Maharani dan masuk dalam program PIP. Rano didampingi Ketua DPRD Tangerang Gatot Wibowo.

“Saya harus memastikan bahwa sasaran penerima program PIP ini adalah pelajar yang layak menerima. Maka dari itu, saya bersama Ketua DPRD Kota Tangerang melakukan kunjungan lapangan agar saya dapat mengawal program Pak Jokowi ini hadir tepat di tengah masyarakat yang membutuhkan,” kata Rano Karno dikutip dari Tempo.co, Ahad (19/9/2021)

Rano Karno mengatakan akan menyampaikan nama anak penerima PIP itu hal ini kepada Ketua DPR Puan Maharani, terutama mengenai semangat dan cita-cita yang diharapkan oleh pelajar tersebut. Kesuksesan yang diraih oleh Ketua DPR Puan Maharani, kata dia, dapat memotivasi pelajar untuk terus semangat belajar.

Anggota DPR periode 2019-2024 Rano Karno di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 1 Oktober 2019. (Foto: Tempo.co)

Menurut Rano beasiswa PIP merupakan wujud komitmen pemerintahan Joko Widodo untuk meringankan biaya pendidikan, sehingga seluruh pelajar dapat mengakses program ini tanpa melihat domisili alamat kependudukan. Hal ini sangat membantu di tengah keterbatasan alokasi bantuan yang bersumber dari pemerintah daerah.

“Ini merupakan wujud komitmen bersama pemerintahan Bapak Jokowi untuk memperluas akses pendidikan kepada seluruh pelajar tanpa melihat alamat domisili. Bantuan ini sangat membantu di tengah keterbatasan dana dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, kita harus sukseskan,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Puan Maharani berujar orang tuanya memberikan nama tersebut terinspirasi dari terpilihnya putri Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, sebagai anggota DPR pada 2009. “Ibu saya ingin saya jadi perempuan hebat yang berguna untuk masyarakat seperti Ibu Puan. Saya bercita-cita ingin menjadi guru agar bermanfaat untuk banyak orang,” katanya.

Comment here