Politik

Relawan Jokowi: Presiden akan Reshuffle Kabinet, Mensesneg Pratikno Dicopot

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id  – Ketua Umum Relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer meyakini Presiden Joko Widodo segera melakukan reshuffle atau perombakan kabinet. Dia pun menyinggung menteri Jokowi sebagai ‘Brutus’ alias tidak loyal kepada Presiden.

“Kalau kabinet yang tidak loyal kita sudah tahu dari awal, ‘kan mereka pada ‘Brutus’. Mereka memang oriented-nya pertama nyari duit, ngegarong di pemerintahan Jokowi. Jokowi sudah tahu itu,” katanya seperti dilansir merdeka.com, Senin (6/9/2021).

Menurut dia, Jokowi akan melakukan reshuffle pada September ini atau Oktober mendatang. Salah satunya untuk mengakomodir dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) di dalam Kabinet Indonesia Maju.

Menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Kompas.com)

“Kalau enggak September ini atau Oktober akan ada reshuffle besar-besaran,” katanya.

Ada dua menteri yang disebutkan Noel yang pasti terkena reshuffle. Sebab, menurutnya dua menteri ini kerap sekali melakukan tindakan yang salah dan merugikan pemerintahan Jokowi. Satu di antaranya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, dan Menteri Perdagangan M Luthfi.

“Salah satu yang di-reshuffle yang ketara bangetlah itu pasti Pratikno, mulai enggak dilibatkan dalam proses politik sekarang ini. Karena sudah berkali-kali blunder. Pratikno yang pertama kali di-reshuffle, kedua Lutfhi (Menteri Perdagangan), ketiga siapa, yang jelas ini yang besar-besaran, nih reshuffle-nya,” jelas dia.

Jokowi, menurut Noel, harus berani dalam bersikap dan bertindak. Sebab jika tidak, ini akan merusak kinerja pemerintahan Jokowi di periode yang terakhir.

“Karena kalau tidak reshuffle kabinet, menteri-menteri yang orientasinya merampok, garong ini akan merusak kinerja pemerintahan Jokowi yang terakhir. Jadi ini bahaya. Karena kita enggak mau pemerintahan terakhir ini dirusak oleh Brutus-Brutus di lingkarannya,” pungkasnya.

Comment here