Sport

Ricky Cawor Pecahkan Rekor Top Skor Paling Produktif Sejak PON 1948

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Tim Papua akhirnya sukses mengalahkan Nanggroe Aceh Darusalam (NAD) di laga final sepak boka putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 di Papua.

Bentrok derby Otsus antara tuan rumah PON XX dan calon tuan rumah PON XXI/2024 yang berlangsung di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (14/10/2021) petang itu berakhir dengan skor 2-0.

Dikutip dari seputarpapua.com, Kamis (14/10/2021), adalah sang kapten, Ricky Ricardo Cawor yang membuyarkan ambisi anak-anak asuhan Fakhri Husaini membawa medali emas ke Tanah Rencong. Pada laga ini, mantan juru gedor Persemi Mimika ini memborong dua gol. Satu lewat titik putih di menit ke-4 setelah terjadi pelanggaran pemain belakang Aceh, satu lagi lewat sepakan kerasnya dari luar kotak pinalti di menit ke-22, memaksa penjaga gawang Chairil Zul memungut bola dari gawangnya.

Atlet sepakbola Ricky Cawor disambut sang isteri sambil menggendong anaknya seusai menerima medali emas. (Foto: seputarpapua.com)

Tambahan koleksi dua gol di partai final ini membuat Ricky mencatatkan namanya sebagai top skor sepak bola putra PON XX Papua dengan 11 gol. Sekaligus, ia juga menorehkan rekor sebagai striker paling produktif sepanjang PON digelar sejak tahun 1948 di Solo. Capaian Ricky melewati seniornya Boaz Salossa pada PON XVI Palembang 2004 dengan 10 gol, dan David Saidui pada PON XII 1993 Jakarta dengan 9 gol.

“Saya tidak ingin cepat puas dengan predikat top skorer sementara ini. Saya akan berusaha untuk memberikan kemenangan bagi sepak bola Papua,” kata Ricky.

Comment here