Politik

Said Iqbal Terpilih Jadi Ketua Umum Partai Buruh

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal secara resmi terpilih menjadi Ketua Umum Partai Buruh Periode 2021-2026. Iqbal terpilih dalam deklarasi dan kongres Partai Buruh ke-4 yang digelar pada 4-5 Oktober di Jakarta.

“Dan ini sudah dimulai dengan 11 elemen yang bergabung dan dipimpin, dan kita percayakan kepada Bung Said Iqbal untuk memimpin di pemilu yang akan datang,” kata mantan Ketua Umum Partai Buruh, Sonny Pudjisasono dalam pidatonya, dikutip dari CNNIndonesia.com, Selasa (5/10/2021).

Sonny mengatakan pendirian partai buruh sudah lama ia bicarakan dengan Iqbal. Ia sempat mendorong agar partai buruh ikut dalam Pemilu 2019, namun gagal. Kini, kata Sonny, Partai Buruh diproyeksikan dapat bersaing dalam Pemilu 2024.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal. (Foto: Liputan6)


Ia berharap deklarasi kembali Partai Buruh kali ini bisa belajar dari pendirian partai itu sebelumnya. Ia mengingat peristiwa saat Partai Buruh didirikan pada 2003, dengan penuh gegap gempita. Namun, semangat itu luntur menjelang pemilu.

Ia mengapresiasi saat Partai Buruh menempatkan wakilnya di tingkat kabupaten/kota. Namun, ia menyayangkan Partai Buruh yang masih gagal menempatkan wakilnya di tingkat pusat dalam beberapa pemilu terakhir.

“(Partai Buruh) masih mampu tetap eksis di dalam dua kali pemilu dan berhasil menempatkan wakil-wakilnya di tingkat provinsi kabupaten dan kota, tetapi belum berhasil menempatkan wakilnya di tingkat nasional atau pun DPR RI,” kata dia.

Partai Buruh diketahui sempat lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan nama Partai Buruh Sosial Demokrat (PBSD). Nama itu merupakan perubahan dari sebelumnya, Partai Buruh Nasional (PBN). Namun, PBSD gagal memperoleh kursi dalam pemilu nasional, karena hanya mendapatkan 636.397 suara (0,56 persen).

Pada 2009, PBSD berganti nama menjadi Partai Buruh dan ikut Pemilu 2009, namun kembali gagal dengan hanya meraup 265.203 suara (0,25 persen). Sonny mengakui kegagalan partai di bawah komandonya kala itu. Oleh sebab itu, kongres keempat Partai Buruh kali ini akan mengevaluasi kegagalan Partai Buruh sebelumnya. Ia menyatakan bahwa Partai Buruh kali ini telah mendapat dukungan dari 11 elemen organisasi buruh lain. “Hari ini kelemahan-kelemahan itu kekurangan dan kelebihan Partai Buruh kita wujudkan dengan bergabungnya 11 elemen lainnya,” kata dia.

Comment here