Jaga Budaya

Sandiaga Uraikan 6 Strategi Pemulihan Pariwisata

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno bersama jajaran kembali menggelar Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI. Dalam rapat kerja kali ini, Menparekraf menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga (RKA-KL) Kemenparekraf/Baparekraf tahun 2022. 

Dikutip dari limapagi.id, Kamis (2/9/2021), Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan, tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 adalah pemulihan ekonomi dan reformasi struktural. Pariwisata menjadi salah satu focus, yakni untuk mempercepat pemulihan dan pertumbuhan sektor pariwisata. 

Dalam rancangan RKP Tahun 2022, telah ditetapkan dua strategi pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif. Yakni pemulihan pasar dan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, serta diversifikasi pariwisata dan peningkatan nilai tambah ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Liputan6.com)

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo menjelaskan untuk strategi pemulihan pasar dan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dibagi menjadi dua bagian, yaitu pemulihan pasar dan pemulihan industri dan lapangan pekerjaan. 

Sedangkan strategi untuk diversifikasi pariwisata dan peningkatan nilai tambah ekonomi kreatif adalah dengan perluasan pasar, pariwisata berkualitas, dan peningkatan nilai tambah ekonomi kreatif

Enam Strategi 

Ada enam strategi Kemenparekraf untuk pemulihan sektor pariwisata. Pertama, pemulihan Bali, Batam-Bintan, Banyuwangi, Bandung, dan destinasi pariwisata unggulan lainnya. Lalu, pengembangan desa wisata dengan mengoptimalkan potensi ekonomi kreatif.

Kemudian, pengembangan destinasi pariwisata prioritas yang merupakan major project dari RPJMN-2020-2024, diversifikasi pariwisata berkualitas, pemulihan usaha dan pengembangan ekosistem ekonomi kreatif, dan akselerasi adopsi digital di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Keenam program tersebut akan digarap oleh seluruh kedeputian beserta badan otorita pariwisata secara terpadu untuk mewujudkan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan serta ekonomi kreatif yang berkelanjutan. 

Platform kerja inovasi adaptasi dan kolaborasi dan aksi gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama), dan gaspol (garap seluruh potensi lapangan kerja) menjadi pegangan bagi jajaran di kemenparekraf untuk merancang kegiatan bersama demi memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Angela.

Angela juga menyampaikan target Kemenparekraf tahun 2022 yang tertera dalam RKP tahun 2022 sudah diusulkan untuk disesuaikan mengingat kondisi terkini. Seperti jumlah wisatawan mancanegara yang dalam target RKP 2022 sebesar 8,5-10,5 juta orang, target penyesuaian menjadi 1,8-3,6 juta orang.

Comment here