Politik

Seniman-Sastrawan Galang Dukungan Interpelasi Formula E Anies Baswedan

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Sejumlah seniman hingga sastrawan menandatangani petisi online untuk yang mendukung agar DPRD DKI Jakarta melakukan interpelasi mengenai Formula E kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mereka juga meminta gelaran Formula E itu tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Petisi online itu dibuat melalui change.org. Dikutip dari detikcom, Jumat (3/9/2021), pukul 14.56 WIB, sudah 84 orang yang meneken petisi tersebut dari target 100 orang.

Sejumlah nama yang menggagas petisi itu adalah pianis Ananda Sukarlan, sastrawan Goenawan Mohamad, hingga Inayah Wahid, putri mendiang mantan Presiden RI KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Mereka mendukung agar DPRD DKI Jakarta menggunakan hak interpelasi terhadap Anies.

“Intinya juga minta partai di DPRD dukung interpelasi. Boleh saja (Formula E) jalan terus, tapi jangan pakai duit rakyat,” kata Ananda Sukarlan kepada wartawan, Jumat (3/9/2021).

Ananda mengatakan petisi itu ditujukan kepada tujuh fraksi di DPRD DKI yang menolak interpelasi Anies. Partai tersebut adalah Partai Gerindra, Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Karangan bunga dukungan interpelasi DPRD DKI Jakarta kepada Gubernur Anies Baswedan soal Formula E berjejer di depan Gedung DPRD di Jl Kebon Sirih No 18 Jakarta Pusat, Kamis (2/9/2021). (Foto: detik.com)

“Kepada 73 anggota Dewan dari partai ini, kami ingin bertanya: apa dasar yang bisa membenarkan penggunaan uang rakyat, uang kami para pembayar pajak, untuk sebuah ajang balap mobil di tengah kesusahan rakyat?” katanya.

Ananda menyebut pihaknya juga menyoroti gelaran Formula E saat pandemi Covid-19. Dia mempertanyakan dasar anggota Dewan itu setuju dengan Formula E dengan menggunakan APBD.

“Kami ingin mengingatkan bahwa mendukung balap mobil Formula E di tengah pandemi seperti ini adalah sebuah bentuk pengkhianatan kepada rakyat. Sebagai pembayar pajak, kami keberatan dan meminta uang rakyat yang ada di APBD Jakarta tidak dipakai untuk acara balap mobil Formula E,” tuturnya.

Berikut sejumlah nama yang menjadi penggagas dan sudah menandatangani petisi online mengenai Formula E itu:

  1. Ilma Sovri Yanti
  2. Ananda Sukarlan
  3. Saparinah Sadli
  4. Akhmad Sahal
  5. Henny Supolo
  6. Arief Surowidjojo
  7. Lelyana Santosa
  8. Olga Lydia
  9. Yudi Latif
  10. Mayling Oey
  11. Imam Prasodjo
  12. Natalia Soebagjo
  13. Maria Hartiningsih
  14. Jajang C Noer
  15. Omi K Nurcholish Madjid
  16. Sarwono Kusumaatmadja
  17. Goenawan Mohamad
  18. Nong Darol Mahmada
  19. Inayah Wahid

Comment here