Sport

Setelah Indonesia Keok dari Malaysia

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Indonesia keok melawan Malaysia. Indonesia kini berada di dasar klasemen Piala AFF U23 2023 setelah kalah dari Malaysia pada laga Grup B.

Duel Timnas U23 Indonesia versus Malaysia di Stadion Royal Provincial, Thailand, Jumat (18/8/2023), seperti dilansir Kompas.com, berakhir dengan skor 1-2.

Indonesia memimpin 1-0 lebih dulu berkat Ramadhan Sananta pada menit ke-28. Namun, Malaysia berbalik unggul lewat sepasang gol Fergus Tierney (54′, 62′). Hasil itu membuat Indonesia menempati peringkat ketiga atau dasar klasemen Grup B Piala AFF U23 2023.

Indonesia tanpa perolehan poin di bawah Malaysia (3 poin) dan Timor Leste yang belum bertanding. Timor Leste baru akan bermain pada Minggu (20/8/2023) melawan Indonesia. Skuad Garuda Muda harus memenangi laga tersebut agar peluang ke semifinal tetap terbuka.

Hanya tiga juara grup yang otomatis lolos ke semifinal Piala AFF U23 2023, sedangkan satu tempat lainnya diperebutkan oleh tiga tim peringkat kedua masing-masing grup. Nantinya, setiap runner up dimasukkan ke dalam klasemen khusus dan tim dengan poin terbanyak berhak mendapatkan slot terakhir ke semifinal.

Indonesia sejatinya masih punya dua opsi untuk melaju ke semifinal, baik via jalur juara grup maupun runner up terbaik. Namun, peluang Garuda Muda menjadi juara grup terbilang kecil. Skuad Garuda Muda perlu menang telak agar unggul selisih gol dan berharap Malaysia tumbang dari Timor Leste.

Timnas U23 Indonesia saat bertanding melawan Malaysia dalam matcday pertama babak penyisihan Grup B Piala AFF U23 2023 di Stadion Rayong Provincial, Jumat (18/8/2023). (Kompas.com)

Namun, di atas kertas Malaysia berpotensi mampu mengalahkan Timor Leste. Karena itu peluang Indonesia menjadi juara grup terbilang tipis. Opsi kedua adalah lolos ke semifinal sebagai runner up terbaik.
Saat ini, peringkat kedua Grup A dan C dihuni oleh Thailand (3 poin) dan Laos (1 poin). Thailand bersaing ketat dengan Kamboja yang sedang memimpin klasemen Grup A. Melihat kekuatan Grup A, Thailand punya kans untuk menjadi juara grup.

Sementara itu, runner up Grup A kemungkinan bakal diperebutkan oleh Kamboja atau Myanmar yang di atas kertas unggul atas Brunei. Adapun untuk Grup C, Vietnam berpeluang besar menjadi juara grup. Skuad berjuluk The Golden Star itu secara kekuatan lebih unggul atas Filipina dan Laos.

Adapun Filipina dan Laos sudah bertemu satu sama lain dan meraih hasil imbang 2-2 pada pertandingan pertama. Jika Vietnam memenangi dua laga Grup C, Filipina dan Laos akan mengakhiri kompetisi dengan mengoleksi satu poin.

Indonesia bisa mengungguli Filipina atau Laos andai meraih kemenangan atas Timor Leste. Dengan demikian, lawan Indonesia dalam persaingan runner up terbaik akan fokus pada Kamboja atau Myanmar.


You need to add a widget, row, or prebuilt layout before you’ll see anything here. 🙂

Comment here