Ekonomi

Siap-siap, Harga Pertamax Naik Mulai Jumat 1 April

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – “Kita tunggu hitung-hitungan dari Pertamina, tunggu tanggal 1 (April),” kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga dikutip dari CNNIndonesia.com, Kamis (31/3/2022).

Arya Sinulingga mengisyaratkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax akan naik mulai esok, Jumat (1/4/2022). Hal tersebut diketahui saat ia diminta memastikan berapa besar kenaikan harga Pertamax. Kendati masih enggan mengungkapkan harga pastinya, namun ia meminta untuk menunggu pada 1 April 2022 atau esok.

Menurut Arya, kenaikan mengacu pada pertimbangan angka keekonomian dari Pertamax yang merupakan BBM non-subsidi. Sayangnya, ia masih enggan membeberkan angka keekonomian berapa yang dimaksud. “Pertimbangannya angka keekonomian dari Pertamax yang bukan BBM bersubsidi,” ujarnya.

Ilustrasi bensin pertamax. (Foto: CNN Indonesia)

Sebelumnya, rencana kenaikan harga Pertamax juga disampaikan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Ia menyebut kenaikan tersebut dipicu oleh melonjaknya harga minyak mentah dunia yang mencapai lebih dari US$100 per barel.

Ia mengungkapkan bahan bakar RON 92 PT Pertamina itu tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Sementara, Pertalite mendapatkan subsidi. “Pemerintah sudah putuskan, Pertalite jadi subsidi, Pertamax tidak. Jadi, kalau Pertamax naik mohon maaf. Pertalite subsidi,” tutur Erick dalam Kuliah Umum: Milenial dan Digital Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional, dikutip Rabu (30/3/2022).

Dalam beberapa waktu terakhir, minyak mentah dunia memang meningkat tajam usai Rusia melancarkan invasi ke Ukraina sejak Kamis (24/2)/2022 lalu. Akibatnya minyak mentah Indonesia alias Indonesia crude price juga ikut terkerek.

Comment here