Jaga Budaya

Stasiun Semarang Tawang Punya Patung Soekarno, Said Aqil: Nilai Tambah yang Barokah

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Stasiun Semarang Tawang kini memiliki patung Soekarno. Patung yang berlokasi di area polder tersebut baru saja diresmikan oleh Komisaris Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Said Aqil Siradj, yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, mantan Presiden RI Megawati Soekarnoputri, dan Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

Said mengatakan kehadiran patung Presiden I RI tersebut akan meningkatkan minat pariwisata di Semarang. “Diharapkan memberi dampak positif dan nilai tambah yang barokah serta kontribusi positif bagi pembangunan Kota Tua sebagai kebanggaan pariwisata Kota Semarang dan menambah ikon Kota Semarang,” ujar Said Aqil dikutip dari Tempo.co, Kamis (30/9/2021).

Patung Soekarno terletak pada area polder atau area yang merupakan pengendali muka air agar tidak terjadi banjir. Keberadaan patung tersebut diklaim mempercantik area sekaligus bagian dari penataan kawasan Stasiun Semarang Tawang, Jawa Tengah.

Patung Soekarno di stasiun Semarang Tawang. (Foto: Tempo.co)

Patung ini memiliki tinggi 14 meter. Ketinggian patung bertambah jika dihitung dengan alas, yakni mencapai 18,5 meter.  Alas patung berbentuk segi delapan dan memiliki tinggi 4,5 meter, yang merupakan bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia.

Adapun bahan pembuat patung ini ialah pelat tembaga dan kuningan. Seniman asal Bali yang berdomisili di Bandung, Ketut Winata, mengerjakan patung ini selama 10 bulan, mulai 26 Juni 2020 hingga 19 April 2021. Menurut Said, patung tersebut menjadi bukti bahwa perseroan bersinergi dengan stakeholder dan masyarakat.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan patung ini akan menjadi salah satu landmark baru Kota Semarang. Pemerintah Kota Semarang, kata dia, akan terus mengembangkan wilayah kota menjadi tempat yang menarik untuk berwisata.

“Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh keluarga besar KAI yang sudah mewujudkan pembangunan patung Bung Karno di Kota Semarang,” ujar Hendrar Prihadi.

Megawati Soekarnoputri mengatakan sebagai salah satu ahli waris dari keluarga besar Soekarno, ia bangga dan berterima kasih atas peresmian patung ini. “Saya ucapkan bismillahirahmanirahim peresmian patung Soekarno di Polder Stasiun Semarang Tawang resmi dibuka,” ujar Megawati yang juga putri Bung Karno.

Comment here