Politik

Survei: Hanya 6 Partai Lolos PT 4 Persen

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Populi Center merilis hasil survei terkait elektabilitas sembilan partai yang saat ini ada di parlemen. Hasilnya, hanya ada enam partai yang lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold (PT) sebesar 4 persen.

“PDIP 20,5 persen, Gerindra 13,1 persen, Demokrat 9,6 persen, Golkar 8,3 persen, PKB 8,2 persen, dan PKS 7 persen,” ujar peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (20/12/2021).

Sedangkan tiga partai yang saat ini ada di parlemen, tapi elektabilitasnya tak melebihi 4 persen adalah Partai NasDem (3,9 persen), Partai Persatuan Pembangunan (2,8 persen), dan Partai Amanat Nasional (1,7 persen). Populi Center, kata Nurul, juga melakukan survei terhadap partai-partai yang berada di luar parlemen.

Hasilnya, Perindo (1,2 persen), Partai Solidaritas Indonesia (0,7 persen), Gelora (0,3 persen), Partai Bulan Bintang (0,3 persen), Hanura (0,3 persen), dan Garuda (0,3 persen).

Gambar ilustrasi partai politik. (Foto: Republika.co.id)

“Tidak ada responden yang memilih partai Ummat, PKPI, dan Berkarya pada survei kali ini. Sisa angka masuk kategori tidak tahu/tidak jawab,” ujar Nurul.

Populi Center melakukan survei pada 1 hingga 9 Desember 2021, dengan jumlah responden sebanyak 1.200 orang yang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih, yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana atau simple random sampling dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center. Pengacakan responden dilakukan pada tingkat provinsi.

Adapun margin of error pada survei ini sebesar kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan menggunakan pendanaan internal.

Comment here