Ekonomi

Tips Terhindar dari Penipuan Struk ATM Palsu

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Modus penipuan berkedok struk ATM palsu kerap mengintai jenis transaksi berbasis online, seperti jual-beli barang atau transfer uang.

Biasanya para pelaku kejahatan ini akan mengelabui korbannya dengan mengirim struk ATM palsu sebagai bukti transfer yang sudah diubah semirip mungkin seperti aslinya.

Padahal, trik tersebut tiada lain hanya dibuat untuk keuntungan pelaku semata. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui tips terhindar dari penipuan struk ATM palsu yang masih sering terjadi.

Ilustrasi struk ATM. (Foto: bni.emingko.com)

Ciri-ciri Struk ATM Palsu

Setelah mengetahui ciri struk palsu, berikut tips terhindar dari penipuan struk ATM palsu sebagai langkah antisipasi, seperti dikutip dari CNN Indonesia.com, Jumat (3/2021).

1.    Aktifkan notifikasi lewat SMS

Langkah pertama untuk hindari penipuan struk ATM palsu yaitu dengan mengaktifkan notifikasi SMS ke bank Anda.

Nantinya, segala bentuk transaksi nasabah akan direkam lewat SMS notifikasi yang masuk otomatis ke ponsel Anda.

2. Cek saldo dan mutase

Ketika pelaku melampirkan bukti transfer dari struk ATM, jangan langsung dikonfirmasi. Cek terlebih dulu saldo di rekening Anda, apakah sudah bertambah atau tidak.

Pelaku penipuan menyatakan sudah transfer, cek kembali mutasi rekening untuk melihat data yang lebih detail.

3. Lapor ke bank

Jika masih belum yakin, segera hubungi call center bank Anda untuk minta tolong cek terkait adanya saldo masuk atau tidak serta kemungkinan lain seperti gangguan sistem.

Apabila sistemnya aman dan memang tidak ada saldo masuk, jangan ragu untuk melapor ke pihak berwajib.

Selain mengetahui tips terhindar dari penipuan struk ATM palsu, Anda juga perlu tahu bahwa sekarang banyak aplikasi yang mendukung tindakan penipuan tersebut.

Dengan begitu, melakukan cek saldo dan mutasi secara berkala, khususnya bagi Anda yang menjalani bisnis daring, sangat-lah penting.

Comment here