Hankam

TNI-Polri Pindah Duluan ke Ibu Kota Baru, Ini Jadwalnya!

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dimungkinkan pindah terlebih dahulu ke Ibu Kota Baru, Kalimantan Timur pada 2023. Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan lokasi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Pengembangan Regional Bappenas Rudy Soeprihadi Prawiradinata saat berbincang dengan media pekan lalu.

Tentara Nasional Indonesia (TNI). (Foto: CNBC Indonesia)

“Itu kajian persiapan, ‘kan pemindahannya baru 2023. Yang duluan pindah adalah TNI, Polri untuk memastikan keamanan. ‘Kan kita 2024 (Agustus upacara kenegaraan), kita sudah mepet. Jadi, kita harus prioritaskan lagi, yang penting pemerintahan itu bisa berjalan. Itu persiapannya,” jelas Rudy dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (6/9/2021).

Rudy menjelaskan jika RUU Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) bisa segera disahkan, maka tak ayal pada 2022 sudah bisa dibangun kantor pemerintahan dan Istana Kepresidenan. Namun sekali lagi, kata Rudy, semuanya tergantung kondisi penularan pandemi Covid-19 secara nasional.

“Semua itu akan sangat tergantung pada kondisi, semua terkait Covid-19, itu kuncinya. Kalau ini enggak jalan (enggak ada penurunan kasus), ekonomi susah geraknya,” tuturnya.

“IKN itu salah satu game changer mendorong perekonomian. Kalau bergerak, semua ekonomi akan bergerak. Kesempatan kerja bergerak, yang dulu lepas kerjaan bisa cari kerja di situ. Rp 1 triliun konstruksi bisa menyerap 13.000 tenaga kerja. Semua harus berjalan seimbang,” tandas Rudy.

Comment here