Jaga Budaya

Tutut Klarifikasi Penyebab Kematian Ibu Tien Soeharto

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Penyebab kematian mendiang Ibu Negara Ny Tien Soeharto hingga kini masih menjadi tanda tanya. Padahal, ini sudah lebih dari 23 tahun meninggalnya istri mendiang Presiden Soeharto ini. Siti Hardiyanti Indra Rukmana alias Tutut Soeharto pun memberikan klarifikasi.

Ya, keluarga Cendana, Rabu (23/8/2023), mengenang 100 tahun Ibu Tien Soeharto. Istri mendiang penguasa Orde Baru, Soeharto itu pada Rabu, 23 Agustus 2023 tepat berusia 100 tahun. Tien Soeharto sendiri sudah meninggal pada 28 April 1996, dua tahun sebelum suaminya lengser setelah 32 tahun berkuasa.
Titiek Soehato Unggah Foto-foto Tien Soeharto

Seperti dilansir Tempo.co, Rabu (23/8/2023), peringatan ulang tahun Tien Soeharto ada dalam unggahan salah satu putrinya, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto, anaknya nomor empat. Titiek Soeharto mengunggah foto-foto kenangan ibunya, saat mendampingi ayahnya dalam berbagai kesempatan, ketika menjalankan ibadah haji, dan fotonya berdua bersama ibunda.

“Mengenang seabad almarhumah ibunda tercinta Ibu Tien Soeharto 23-8-1923 ~ 23-8-2023. Ya Allah.. terimalah segala amal ibadah Ibuku tercinta.. ampunilah segala kesalahan beliau.. dan beri Ibuku tempat yg mulia disisiMU.. Aamin ya robbal alamin..,” tulis mantan istri Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu.

Titiek Soeharto dan mendiang Ibu Tien Soeharto. (Tempo.co)

Unggahan serupa juga terlihat di akun Instagram Keluarga Cendana, @cendana.archives, yang diikuti Titiek Soeharto dan keponakannya, Gendis Siti Hatmanti. “Selamat ulang tahun Ibu Tien Soeharto,” tulis admin di akun tersebut. Akun ini banyak mengunggah foto koleksi keluarga Cendana di masa lalu yang jarang dipublikasikan.
Profil Tien Soeharto dan Klarifikasi Tutut Soeharto

Tien Soeharto terlahir dengan nama Siti Hartinah. Ia merupakan anak dari KPH Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo yang merupakan trah Mangkunegara III. Ia menikah dengan Soeharto pada 26 Desember 1947. Kelahiran putri sulungnya, Tutut Soeharto di Yogyakarta diceritakan dalam film Janur Kuning, saat Soeharto memimpin penyerangan enam jam yang disebut Serangan Umum 1 Maret 1949. Film itu sempat dijadikan tontonan wajib hingga Soeharto lengser pada 21 Mei 1998.

Semasa hidupnya, Tien Soeharto adalah sosok Ibu Negara yang berpengaruh. Ia yang menentang poligami mendesak perlunya larangan berpoligami bagi pegawai negeri sipil hingga keluar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 10 Tahun 1983.

Tien Soeharto juga merupakan orang di balik berdirinya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Buah Mekarsari, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, dan RSAB Harapan Kita. Tempat-tempat itu hingga sekarang ini masih berdiri dan dimanfaatkan masyarakat.

Siti Hartinah meninggal pada 28 April 1996 setelah mengalami serangan jantung. Kematiannya sempat menimbulkan rumor karena tertembak ketika Bambang Soeharto dan Tommy Soeharto saling adu kekuatan. Kabar itu akhirnya diklarifikasi Tutut Soeharto dalam salah satu unggahannya pada 30 April 2020. “Saya heran, siapa manusia yang tega menyebarkan berita keji tersebut. Demi Allah, apa yang bapak ceritakan, itu yang terjadi,” tulis Tutut.

Comment here