Politik

Yenny Wahid Siap Jadi Cawapres, Tapi Tak Ingin Jadi Wapres, Maksudnya?

Editor: Karyudi Sutajah Putra

Jakarta, KABNews.id – Yenny Wahid bikin teka-teki. Dia siap jadi calon wakil presiden, tetapi tidak ingin jadi wakil presiden. Apa maksudnya?

Ya, Putri Presiden Keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur itu mengaku siap jika ditanya akan dicalonkan menjadi cawapres. Namun, dia menyatakan tidak memiliki hasrat untuk mendapatkan jabatan tersebut.
“Saya siap jadi wapres, tapi saya tidak kepingin jadi wapres,” kata Yenny seperti dilansir Kompas.com, Jumat (11/8/2023).

Yenny pun memberikan konteks, jika seorang prajurit ditanya apakah siap berperang demi bangsa dan negara, maka setiap prajurit pasti menyatakan siap. “Tapi kalau ditanya apakah kamu ingin dan mau berperang untuk kepentingan bangsa dan negara, pasti enggak mau, pasti enggak ingin,” ucap dia.

Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman alias Yenny Wahid (gamis hitam). (Istimewa)

Menurut Yenny, jabatan politik menjadi wakil presiden itu berat. Sebab itu, dia tidak memiliki hasrat menduduki jabatan itu. Tetapi, jika ditanya soal kesiapan menduduki jabatan itu, dia mengaku siap terlebih untuk melanjutkan nilai-nilai politik keluarganya. “Jadi saya siap, tapi enggak kepengen. Siap ketika ada momentum, ketika ada dinamika, saya tidak dalam posisi menawarkan diri menjadi cawapres siapa pun,” kilahnya.

“Posisi saya adalah merespons lamaran-lamaran, narasi-narasi yang dibangun oleh beberapa partai,” imbuh wanita bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman ini.

Sebagai informasi, santer nama Yenny digadang menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk bacapres Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) Anies Baswedan. Hal itu disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Nasdem Ahmad Ali.

Dia menyebut Yenny sebagai seorang yang memiliki kualifikasi paling mumpuni untuk mendampingi Anies. “Menurut saya, menurut kami, (Yenny) memiliki kualifikasi untuk (jadi bacawapres) itu ya. Dia NU (Nahdlatul Ulama), dia Jawa Timur, seperti Gus Dur, dia plural,” tuturnya, Selasa (8/8/2023).

Comment here