Kesehatan

Kondisi Memburuk, Pengungsi Gempa Pasaman Barat Mulai Demam dan Batuk-batuk

Editor: Dwi Badarmanto

Jakarta, KABNews.id – Ribungan warga Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengungsi di sejumlah tenda pengungsian pascagempa bermagnitudo 6,2, Jumat (25/2/2022). Jumlah pengungsi terbanyak berada di Halaman Kantor Bupati Pasaman Barat di Lingkuang Aua.

Dikutip dari Republika.co.id, Sabtu (26/2/2022), banyak pengungsi yang mengantre meminta obat-obatan di posko yang didirikan pemda dan polisi. Karena kurang istirahat dan pasokan makanan sejak kemarin, sudah ada pengungsi yang mengalami demam dan batuk-batuk.

Sejak pascagempa kemarin, cuaca di Pasaman Barat kerap hujan. Sementara pengungsi hanya membawa pakaian yang dikenakan sejak kemarin. Salah seorang pengungsi, Risdawati (54), mengatakan ia tidak dapat tidur tadi malam lantaran tenda yang didirikan pemda tidak cukup menampung jumlah pengungsi yang terus berdatangan.

“Saya tidak bisa duduk di lantai karena sakit pinggang. Saya harus duduk di kursi agar bisa istirahat,” kata Risdawati.

Kondisi pengungsi korban gempa 6,2 maginito di Desa Kayu Angin, Kecamatan Malunda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat yang bertahan hidup dibawa tenda pengungsian tak layak. Kamis, (28/1/2021). (Foto: Kompas.com)

Ia sekarang juga mengeluhkan sakit kapala dan demam karena kedinginan.

Salah seorang dokter polisi yang bertugas di area pemukiman, Adek, mengatakan timnya sudah melakukan pengecekan darah dan cek tensi kepada sebagian pengungsi. Ia menyebut kebanyakan pengungsi mengalami tekanan darah tinggi akibat semalaman begadang.

Selain itu, Adek juga mengatakan sebagian pengungsi juga memiliki riwayat sudah mengonsumsi obat tekanan darah tinggi. “Yang banyak mengeluhkan gejala lansia dan anak-anak,” ujar Adek.

Comment here